Beranda » Wisata Jogja » Liburan sehari di Jogja waktu musim hujan? No Problem

Waktu yang singkat kadang jadi penghambat ketika berwisata di Jogja, berbagai objek wisata yang ada tidak akan cukup dikunjungi semua dalam sehari saja, apalagi ketika musim hujan.

Mau foto-foto? Langitnya kurang cerah, hujan deras kamera nanti basah, mau selfie? Nanti basah kuyup terus masuk angin, mau eksplor tiap sudut objek wisata juga jadi kurang bebas karena hujan.

Kali ini Om Jonis bakal bagi tips supaya liburan kamu di Jogja tetep maksimal dan walau cuma sehari dan musim hujan.

Nah biasanya nih di Jogja, ketika musim hujan cuaca mendung dan hujan itu mulai turun dari siang sampai malam jarang pagi, makanya tempat yang lebih banyak bagian outdoornya bakal Om Jonis saranin untuk dikunjungi lebih dulu.

Pagi-Siang

  • Keraton Jogja

Destinasi pertama di pagi hari kamu bisa langsung menuju Keraton Jogja. Cuaca cerah, udara segar dan panas yang tidak begitu menyengat di pagi hari adalah kombinasi yang pas untuk berkeliling dan menikmati suasana Keraton. Di sini kamu bisa menyaksikan dari dekat aktivitas di dalam lingkungan Keraton yang kental unsur budaya dan sejarah.

Tiket masuk Keraton sendiri Rp10.000 untuk warga lokal dan loket mulai dibuka pukul 8 pagi.

  • Taman Sari

Setelah puas berkeliling Keraton kamu bisa langsung menuju ke objek selanjutnya yaitu Istana Air Taman Sari. Dari Keraton menuju Taman sari tidak membutuhkan waktu yang lama karena lokasinya memang sangat berdekatan.

Di Taman Sari kamu bakal disuguhkan dengan nuansa arsitektur klasik pada tempat yang dulunya digunakan sebagai pemandian raja ini, kamu dapat berkeliling dan berfoto ria di Taman Sari hingga waktu istirahat siang.

Tiket masuk taman sari Rp7.000 untuk warga lokal dan jika membawa kamera dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2.000.

Siang-sore

  • Museum Ullen Sentalu

Setelah cukup istirahat siang dan cuaca mulai mendung kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke museum Ullen Sentalu di Kaliurang yang membutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari Taman Sari. Karena museum ini banyak bagian indoor-nya dan bagian outdoor-nya juga dikelilingi pepohonan rimbun, cuaca gerimis ataupun hujan tidak mengurangi kenyamananmu dalam menjelajah destinasi kali ini.

Dengan membayar tiket Rp40.000 kamu akan dipandu oleh guide dan sepanjang tour museum kita akan dijelaskan sejarah mengenai Keraton Jogja-Solo serta berbagai koleksi yang ada dalam museum.

Malam

  • Sendratari Ramayana

Seusai mengunjungi Ullen Sentalu kamu bisa kembali ke penginapan dan beristirahat sejenak.

Selanjutnya pada malam hari kamu bisa menyaksikan sendratari Ramayana yang dimulai pada pukul 19.30, jangan sampai telat ya! Pastikan dengan baik estimasi perjalanan dari tempat penginapan kamu menuju Kompleks Candi Prambanan.

Ketika musim hujan yaitu antara bulan November-April Sendratari Ramayana biasa digelar di panggung tertutup dalam Gedung Trimurti yang masih satu kompleks dengan Candi Prambanan.

Harga tiket bervariasi mulai dari Rp125.000-Rp300.000, pertunjukan Sendratari Ramayana ini hanya digelar hari Selasa, Kamis dan Sabtu saja, jangan sampai kamu udah ke Prambanan tapi ternyata tidak ada jadwal pentas ya.

  • Wisata kuliner malam

Wisata kuliner malam bisa menjadi opsi alternatif jika kamu berada di Jogja selain hari Selasa, Kamis dan Sabtu sehingga tidak bisa menyaksikan Sendratari Ramayana.

Pergi makan enak, kenyang, kembali ke penginapan sambil menikmati suasana malam Jogja tentu saja bukan pilihan yang buruk untuk menutup hari.

Bakmi Jawa Rebus menjadi pilihan pas di saat hujan turun. Bakmi Hadi Geno di SPBU Terban, Bakmi Kadin di Wirogunan dan Bakmi Pak Pele di Alun-Alun Utara merupakan beberapa pilihan warung bakmi yang terkenal di Jogja.

Sate Klathak dan tongseng di daerah Bantul juga pilihan yang tak kalah menarik untuk dicoba, Sate Klathak Pak Pong, Sate Klathak Pak Bari dan Sate Mbak Bella adalah beberapa warung Sate Klathak terkenal di Daerah Bantul yang lokasinya saling berdekatan.

Sekian beberapa tips dari Om Jonis, tentunya waktu yang singkat dan musim hujan tak lagi jadi masalah buat liburan ke Jogja, karena kapan saja bisa jadi liburan asal direncanakan dengan baik.

Tags: ,

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.